Jumat, 27 November 2015

Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SMP Negeri 252 dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia










Kelas                         : CB:Professional, LA55
Kode Dosen              :D3739
Nama Dosen            : Agus Masrukhin
Hari                           :Senin
Tanggal                    : 26 Oktober 2015
Waktu                       : 6 a.m. - 7 p.m.
Lokasi                       :(Gedung SMPN 252 sedang dibangun sehingga pindah ke
                                    SMPN 139)
Jln. Bunga Rampai X (Perumnas Klender), Jakarta Timur, Jakarta
PIC                             : Ibu Widia Nuvianingsih, Spd


Ketua            
             : 1701296126; GRACELLA TANUJAYA TJHIN

NIM dan Nama Anggota: 

- 1701299203; STEVIA AMADEA
- 1701309034; ALEXANDRA STEFANIA
- 1701310231; FELICIA CINDY LAWTON
- 1701315390; TRIANA SUSANTHEO
- 1701340581; SISKA ADELIAN
I- 1701359341; EDWARD MASLI
- 1701331614; WILLIAM GUNA KUSUMA

Bagian Isi

Pertemuan 6 Perlindungan Konsumen

Di kelas kami belajar bahwa dalam hubungan antara konsumen dan produsen atau pelaku bisnin, merupakan hubgungan yang problematis. Dari pihak konsumen memiliki preferensi untuk mendapatkan produk yang baik atau dapat menggunakan produk yang di dapat secara maksimal. Namun preferensi ini tidak didukung dengan informasi yang tepat mengenai produk yang ini atau telah diperoleh. Karena hal tersebut dibuatlah hak-hak konsumen, keempat hak itu terdiri dari the right to safety, the right to be informed, the right to choosem the right to be heard.

Menurut kami para siswa yang mendapat KJP adalah seperti konsumen. mereka mempunyai hak untuk menggunakan KJP dengan maksimal, tetapi ada kemungkinan itu tidak terjadi karena kurangnya informasi atau kecrangan dari pihak sekolah. Karena itulah kelompok kami ditugaskan untuk melakukan pendataan dan validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SMP Negeri 252.

Kegiatan,

Karena kesulitan mendapat sekolah kami akhirnya ditugaskan oleh TFI untuk melakukan pendataan dan validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar dan 8355 untuk SMP Negeri 252 dan SDN 13. Karena faktor lokasi SMPN 252 yang cukup jauh kami melakukan pendataan dan validasi disana terlebih dahulu. Kami berkumpul di kampus Alam Sutera pukul 6 pagi, dan berangkat pukul 7. karena keadaan jakarta yang sangat macet kami memutuskan untuk sarapan terlebih dahulu baru lanjut menuju SMPN 252. Setelah 6 jam mencari dan tersesat kami akhirnya menemukan gedung SMPN 252 yang masih dibangun. rupanya ada terjadi misinformation. Kami akhirnya menanyakan ke warga sekitar mengenai SMPN 252. Akhirnya kami mendapat info bahwa SMPN 252 ada di SMPN 139. 

Sesampainya di SMPN 139 kami langsung menghadap bu Widia Nuvianingsih, yang bertanggung jawab di Tata Usaha dan PIC kami. Hal ini dikarenakan kepala sekolah SMPN 252 saat itu sedang tidak ada ditempat. Kami pun meminta data penerima KJP dan 8355 SMPN 252 tahun 2014/2015. Kami diberitahu bahwa sekolah belum ada data untuk tahun 2015/2016 sehingga hanya ada data 2014/2015. Setelah itu kami pun meminta izin untuk menginterview anak-anak penerima KJP. Kami menginterview mereka di kantin sekolah. hal ini karena semua kelas sedang penuh. Saat kami meminta untuk menginterview murid-murid kami mengalami beberapa masalah, tetapi akhirnya kami diperbolehkan untuk melakukan tugas kami.

Sehabis itu kami mengucapkan terimakasih kepada para guru yang telah membantu dan kami pun pulang ke rumah masing-masing.

Kegiatan ini mengajarkan banyak hal pada kami. kami belajar untuk bersabar saat menghadapi orang lain dan menghadapi kejadian-kejadian yang tidak terduga. Kami juga didorong untuk tepat waktu dan berusaha untuk berdiplomatis. Dari hasil interview kami mayoritas anak tidak menggunakan KJP mereka dengan maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu tidak banyak toko yang mau menerima pembayaran dengan KJP, tidak dapat mengumbah saldo menjadi kas, tidak tahu jumlah yang didapat adalah 3 juta rupiah, dan masih banyak lagi. itu hanya beberapa kendala yang kami dapatkan. Menurut kami dan adik-adik, KJP adalah program pemerintah yang sangat bagus dan harus terus ditingkatkan agar membawa dampak yang lebih baik kepada adik-adik yang membutuhkan pendidikan dan agar dapat memajukan kepintaran bangsa. Karena anak-anak merupakan masa depan bangsa.

Next to do:
Kembali ke SMPN 252 untuk meminta tanda tangan kepala sekolah dalam rangka pendataan dan validasi realisasi 8355  dan pendataan KJP dan 8355 untuk SDN Cengkareng Timur 13 Petang

Survey 

Eksternal:
Saat pulang kami memberikan survey atas kinerja kami ke sekolah SMPN 252. Dari hasil survey tersebut sekolah mengatakan bahwa kinerja kami sudah sangat bagus dan tidak ada masukan untuk perkembagan lebih lanjut.






Internal:
Disiplin - Stevia & Siska
Karena membawa semua document yang diperlukan dan sesuai dengan yang diwajibkan

waktu - Felicia
Saat kumpul datang pertama dan tepat waktu

Ide-ide yang di sampaikan - William
Mencoba menghubungi Bu intan saat ada masalah dengan sekolah dan memberikan ide saat ada masalah dengan sekolah

Penerapan di lapangan - Alexa
Sangat proaktive dan membantu saat dilapangan (masalah dengan sekolah dan bernegosiasi dengan sekolah)

Inisiatif - Triana
Sangat proaktive dan memberikan banyak masukan saat kami menghadapi masalah

Sikap (Etika berbicara, sopan santun) - Gracella
Etika berbicaranya terhadap pihak sekolah sangat sopan dan hormat, sehingga membantu kami saat berhadapan dengan pihak sekolah.

Hasil Kegiatan : 
a.  Menulis laporan hasil Monitoring dan Evaluasi dari data KJP ke google docs 
bukti: 



 Lampiran Foto:
OTW... Macetnya...
Lokasi SMPN 252

Habis interview
Dari kiri atas: Edward, Triana, Siska, Alexa
Kiri bawah, Felicia, Stevia, Gracella, William









kami tersesat...
OTW ke Jakarta Timur! (Mobil 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar