Kelas : CB:Professional, LA55
Kode Dosen :D3739
Nama Dosen : Agus Masrukhin
Hari
:Senin
Tanggal
: 26 Oktober 2015
Waktu
: 6 a.m. - 7 p.m.
Lokasi
:(Gedung
SMPN 252 sedang dibangun sehingga pindah
ke
SMPN 139)
Jln. Bunga Rampai X (Perumnas Klender), Jakarta
Timur, Jakarta
PIC
: Ibu Widia Nuvianingsih, Spd
Ketua : 1701296126; GRACELLA TANUJAYA TJHIN
NIM dan Nama Anggota:
- 1701299203; STEVIA AMADEA
- 1701309034; ALEXANDRA
STEFANIA
- 1701310231; FELICIA
CINDY LAWTON
- 1701315390; TRIANA
SUSANTHEO
- 1701340581; SISKA
ADELIAN
I- 1701359341; EDWARD
MASLI
-
1701331614; WILLIAM GUNA KUSUMA
Bagian Isi
Pertemuan 6
Perlindungan Konsumen
Di kelas kami belajar
bahwa dalam hubungan antara konsumen dan produsen atau pelaku bisnin, merupakan
hubgungan yang problematis. Dari pihak konsumen memiliki preferensi untuk
mendapatkan produk yang baik atau dapat menggunakan produk yang di dapat secara
maksimal. Namun preferensi ini tidak didukung dengan informasi yang tepat
mengenai produk yang ini atau telah diperoleh. Karena hal tersebut dibuatlah
hak-hak konsumen, keempat hak itu terdiri dari the right to safety, the
right to be informed, the right to choosem the right to be heard.
Menurut kami para
siswa yang mendapat KJP adalah seperti konsumen. mereka mempunyai hak untuk
menggunakan KJP dengan maksimal, tetapi ada kemungkinan itu tidak terjadi
karena kurangnya informasi atau kecrangan dari pihak sekolah. Karena itulah
kelompok kami ditugaskan untuk melakukan pendataan dan validasi Realisasi Kartu
Jakarta Pintar di SMP Negeri 252.
Kegiatan,
Karena kesulitan
mendapat sekolah kami akhirnya ditugaskan oleh TFI untuk melakukan pendataan
dan validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar dan 8355 untuk SMP Negeri 252 dan
SDN 13. Karena faktor lokasi SMPN 252 yang cukup jauh kami melakukan pendataan
dan validasi disana terlebih dahulu. Kami berkumpul di kampus Alam Sutera pukul
6 pagi, dan berangkat pukul 7. karena keadaan jakarta yang sangat macet kami
memutuskan untuk sarapan terlebih dahulu baru lanjut menuju SMPN 252. Setelah 6
jam mencari dan tersesat kami akhirnya menemukan gedung SMPN 252 yang masih
dibangun. rupanya ada terjadi misinformation. Kami akhirnya menanyakan ke warga
sekitar mengenai SMPN 252. Akhirnya kami mendapat info bahwa SMPN 252 ada di
SMPN 139.
Sesampainya di SMPN
139 kami langsung menghadap bu Widia Nuvianingsih, yang bertanggung jawab di Tata Usaha dan
PIC kami. Hal ini dikarenakan kepala sekolah SMPN 252 saat itu sedang tidak ada
ditempat. Kami pun meminta data penerima KJP dan 8355 SMPN 252 tahun 2014/2015.
Kami diberitahu bahwa sekolah belum ada data untuk tahun 2015/2016 sehingga
hanya ada data 2014/2015. Setelah itu kami pun meminta izin untuk menginterview
anak-anak penerima KJP. Kami menginterview mereka di kantin sekolah. hal ini
karena semua kelas sedang penuh. Saat kami meminta untuk menginterview
murid-murid kami mengalami beberapa masalah, tetapi akhirnya kami diperbolehkan
untuk melakukan tugas kami.
Sehabis itu kami
mengucapkan terimakasih kepada para guru yang telah membantu dan kami pun
pulang ke rumah masing-masing.
Kegiatan ini
mengajarkan banyak hal pada kami. kami belajar untuk bersabar saat menghadapi
orang lain dan menghadapi kejadian-kejadian yang tidak terduga. Kami juga
didorong untuk tepat waktu dan berusaha untuk berdiplomatis. Dari hasil
interview kami mayoritas anak tidak menggunakan KJP mereka dengan maksimal. Hal
ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu tidak banyak toko yang mau menerima
pembayaran dengan KJP, tidak dapat mengumbah saldo menjadi kas, tidak tahu
jumlah yang didapat adalah 3 juta rupiah, dan masih banyak lagi. itu hanya
beberapa kendala yang kami dapatkan. Menurut kami dan adik-adik, KJP adalah
program pemerintah yang sangat bagus dan harus terus ditingkatkan agar membawa
dampak yang lebih baik kepada adik-adik yang membutuhkan pendidikan dan agar
dapat memajukan kepintaran bangsa. Karena anak-anak merupakan masa depan
bangsa.
Next to do:
Kembali ke SMPN 252
untuk meminta tanda tangan kepala sekolah dalam rangka pendataan dan validasi
realisasi 8355 dan pendataan KJP dan 8355 untuk SDN Cengkareng Timur 13 Petang
Survey
Eksternal:
Saat pulang kami memberikan survey atas kinerja kami ke sekolah SMPN 252. Dari hasil survey tersebut sekolah mengatakan bahwa kinerja kami sudah sangat bagus dan tidak ada masukan untuk perkembagan lebih lanjut.
Internal:
Disiplin - Stevia & Siska
Karena membawa semua document yang diperlukan dan sesuai dengan yang diwajibkan
Karena membawa semua document yang diperlukan dan sesuai dengan yang diwajibkan
waktu - Felicia
Saat kumpul datang pertama dan tepat waktu
Saat kumpul datang pertama dan tepat waktu
Ide-ide yang di sampaikan - William
Mencoba menghubungi Bu intan saat ada masalah dengan sekolah dan memberikan ide saat ada masalah dengan sekolah
Mencoba menghubungi Bu intan saat ada masalah dengan sekolah dan memberikan ide saat ada masalah dengan sekolah
Penerapan di lapangan - Alexa
Sangat proaktive dan membantu saat dilapangan (masalah dengan sekolah dan bernegosiasi dengan sekolah)
Inisiatif - Triana
Sangat proaktive dan memberikan banyak masukan saat kami menghadapi masalah
Sangat proaktive dan memberikan banyak masukan saat kami menghadapi masalah
Sikap (Etika berbicara, sopan santun) - Gracella
Etika berbicaranya terhadap pihak sekolah sangat sopan dan hormat, sehingga membantu kami saat berhadapan dengan pihak sekolah.
Hasil Kegiatan :
a. Menulis laporan hasil Monitoring dan Evaluasi dari data KJP ke google docs
bukti:
Lampiran Foto:
Habis interview Dari kiri atas: Edward, Triana, Siska, Alexa Kiri bawah, Felicia, Stevia, Gracella, William |
kami tersesat... |
OTW ke Jakarta Timur! (Mobil 1) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar